Analisis Pasar Konsumen & Perilaku Konsumen
Analisis pasar & perilaku konsumen
terhadap Produk “ Indomie “
BAB I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Perubahan
gaya hidup acap mempengaruhi pola konsumsi masyarakat . salah satu dari
perubahan itu adalah digemarinya mie instan sebagai makanan substitusi nasi .
Bahkan kian hari produk ini kian menjadi makanan pilihan konsumen, karena
selain praktis dan harganya terjangkau, mie instan juga cukup mengenyangkan
perut .
PT.Indofood Sukse Makmur menjadikan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh
perusahaan . Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus
diperhatikan oleh produsen karena
kebutuhan akan senantiasa berubah .
Perkembangan produk mie instan
makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industry mie instan
ini semakin tinggi .
Bab II
Pembahasan
Analisis
pasar & perilaku konsumen terhadap Produk
“ Indomie “
Karakteristik Pembeli
Budaya atau Kultur : Jika menilik pada
kultur budaya di Indonesia saat ini yaitu, masyarakat yang dinamis,gengsi yang
besar,kebutuhan hidup yang selalu meningkat dengan ditandainya daya beli
masyarakat yang tinggi terhadap produk-produk yang diunggulkan .
Sosial : Pada kelas ini masyarakat dengan status sosial menengah ke atas
merupakan target pasar yang diminati
para produsen , karena pada kelas menengah ke atas,produsen paham betul
kebutuhan yang diinginkan ,disamping itu daya beli yang tinggi sehingga
menjadikan indomie sebagai produk yang lebih elegan mempunyai harga yang
sedikit lebih mahal . Yang paling terlihat menjadi pembeda pada kelas ini adalah pendapatan, pendidikan & tempat
tinggal .
Personel : Faktor ini mencakup hal yang bersifat subyektif, karena personal
satu dengan yang berbeda, mencakup pola gaya hidup, pekerjaan & usia .
a.) Gaya hidup : Perubahan gaya hidup turut mempengaruhi pola konsumsi
masyarakat . Salah satu dari perubahan itu adalah digemarinya mie instan
sebagai makanan substitusi nasi .
b.) Pekerjaan : Mudah diperoleh oleh siapa saja dengan tingkat pendapatan serta
pekerjaan seseorang .
c.) Usia : Indomie dapat diterima di lidah berbagai kalangan konsumen .
Kategori orang dalam proses pembelian
A.) Iniatiator : orang yang pertama menyarankan
untuk melakukan pembelian . Pada bagian ini marketing sangat berperan
banyak .
B.) Influencer : orang yang member pandangan atau advise yang mempengaruhi .
Pada tahapan ini marketing masih memberikan pengaruhnya, memberikan edukasi
terhadap calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan . Namun pada tahapan
ini tidak hanya marketing saja yang memberikan edukasi, seorang ahli dalam
bidang tertentujuga berperan dalam tahapan ini .
D.) Decider : Orang yang memutuskan
E.) Buyer : Orang yang melakukan pembelian
F.) User : Orang yang memakai produk yang dibeli
Dalam alur proses diatas dapat dirancang strategi pemasaran pada produk-produk
Indomie , indomie sendiri dari tahun ke tahun selalu mengeluarkan produk-produk
baru dengan inovasi . Inovasi produk mie instan indomie memiliki jenis-jenis
indomie dengan berbagai variasi cita rasa .
Bab III
Penutup
Kesimpulan
Setiap tahunnya PT Indofood Sukses
Makmur TBK harus mengendalikan biaya promosi
agar biaya promosi yang dikeluarkan untuk promosi produk tidak mengeluarkan
biaya yang terlalu banyak yang menjadi pemborosan perusahaan dan supaya tingkat
penjualan tidak menurun .
Saran
PT Indofood Sukses Makmur Tbk,Indomie harus meningkatkan kewaspadaan kepada
produksi mie lain dengan melakukan promosi yang sangat agresif, harus melakukan
gebrakan yang sangat luar biasa, harganya dibawah dari produk lain, ditambah
keunggulan-keunggulan lain, menentukan kualitas produk , memiliki kemampuan
untuk mengindentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang
heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan
konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing atau tidak .
Melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen , sehingga dapat
diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie .
Referensi
-
PT.Indofood Sukses Makmur, Tbk
- http://www.docstoc.com/docs/91603341/STRATEGI-INDOMIE-MERAJAI-PASAR-MIE-INSTANT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar